10 Serangan Cyber Yang Perlu Anda Ketahui


Perang Cyber telah menjadi jenis perang model baru saat ini. Tentu negara-negara yang canggih seperti Amerika, Rusia, dan China, sering kali terlibat dalam perang Cyber. Namun dalam perang cyber kerap kali ada pasukan bawah tanah atau lebih dikenal Underground yang terlibat dalam perang cyber. 

Kita tentu tidak pernah asing dengan Anonymous, Lulzsec, atau pun komplotan hacker lainnya, yang membuat medan perang cyber ramai. Istilah keren sekarang "Siapa yang membutuhkan Senjata Jika kamu mempunyai keyboard" Perang memang telah berganti dari era peluru ke era komputer. Perang Cyber pun membawa efek yang luar biasa, sama desdruktifnya dengan perang konvensional. Kerugian materi pun tak terhitung jumlahnya akibat dari perang cyber. 

Apakah Indonesia ikut berperang Cyber? Sayangnya negara kita cuma jadi penonton, orang kita lebih suka bahas agama dan saling gontok-gontokan mencari kebenaran dibandingkan teknologi hehe. Berikut ini adalah Serangan Cyber cukup tenar di dunia :

1. Morris Worm (1988)
Foto : washingtonpos
Morris Worm adalah salah satu malware pertama yang menghebohkan dunia.  Nama malware ini diambil dari nama pembuatnya Robert Morris, pada saat itu adalah mahasiswa di Cornell University. Malware ini mulai dipublish tanggal 2 november 1988.  Malware ini berhasil menginfeksi lebih dari 6000 komputer, padahal saat itu baru sekitar 60000 komputer yang terhubung internet. Jadi malware ini menginfeksi sekitar 10% komputer dunia pada saat itu. Perkiraan kerugian yang diakibatkan adalah sekitar $100.000–10.000.000.

2. MafiaBoy Menyebabkan Kerugian $1 Miliar Dolar (2000)
Foto : npr.org
Pada tahun 2000 ada kerusakan serius yang disebabkan ulah seseorang tepatnya bernama Michael Calce alias MafiaBoy. Pada saat itu Michael Calce hanyalah seorang siswa SMA di Kanada.  

Ia memutuskan melancarkan serangan DDOS ke Perusahaan besar teknologi seperti Amazon, CNN, Ebay, dan Yahoo. Para ahli industri memperkirakan bahwa kerugian akibat serangan tersebut $US1.2 milyar. Lalu tak lama kemudiaan dia ditangkap. Karena dia masih remaja pada waktu itu, ia dihukm pada tahun 2001 menjadi tahanan terbuka, yang membuat gerakan dan tindakannya dibatasi. Akses onlinenya juga dibatasi oleh pengadilan. 

3. Code Red (2001)
Foto : dering.co.id
Code Red berkeliaran mulai bulan Juni 2001. Worm ini dapat merusak berbagai server jaringan dengan memanfaatkan celah yang ada pada Microsoft Internet Information Server. Virus ini akan membuat buffer komputer penuh sehingga akan menguras memori. 

Worm ini menyebar hanya dengan memanfaatkan koneksi internet, lalu men-deface halaman web yang sedang dibuka. Jadi tidak melalui metode jebakan membuka email attachment atau mengklik sebuah URL. Code Red telah berhasil membuat lebih dari 400.000 server down seketika, dan menimbulkan kerugian US$ 2,6 miliar.

4. Google China (2009)
Foto: dailymail.co.uk
Hacker telah mendapatakan akses ke beberapa Google Server yang ada di China. Kekayaan Intelektual berhasil juga dicuri. Dalam sebuah blognya. Google mengatakan ia memiliki bukti yang menunjukan bahwa tujuan utama dari penyerang mengakses akun gmail para pejuang HAM di China. Perusahaan lalu menelusuri lebih lanjut, mereka menemukan bahwa banyak Gmail pengguna Eropa, Amerika Serikat, dan China secara rutin diakses tanpa izin pemiknya. Email pengguna China tersebut merupakan pegiat HAM di negaranya.
Semua mata melesat menuju Pemerintahan China, yang telah dituduk secara terang-terangan mengabaikan HAM selama bertahun-tahun. 

Google memasuki pasar China dengan domain google.cn pada tahun 2006 dan akhirnya menyerah dengan kebijakan sensor internet yang ketat di China. Serangan Cyber 2009 mengakibatkan evaluasi tentang perusahaan Google China? Apakah masih tetap bertahan atau hengkang? Pada bulan Maret 2010, Google akhirnya menyerah. Ia lalu pindah ke Hongkong untuk menghindari sensor ketat China

5. Remaja meretas NASA dan Departemen Pertahanan Amerika (1999)
Foto: dailymail.co.uk
Pada tahun 1999, Jonathan James baru saja berumur 15 tahun tetapi dia telah memasuki puncak ketenaran dikumpulan para hacker. James berhasil memasuki komputer dari Divisi Departemen Pertahanan Amerika Serikat dan menginstal backdoor pada servernya. 

Ini membuat ia bisa mencegat ribuan email dari berbagai organisasi pemerintah, yang mana berisi usenama dan password  untuk berbagai macam komputer militer. Menggunakan informasi curian, James mampu mencuri bagian dari software NASA. yang akhirnya NASA memutuskan mematikan sistem komputernya selama tingga minggu.  

Menurut NASA "perangkat lunak tersebut berkaitan dengan eksplorasi luar angkasa. James kemudian ditangkap tetapi menerima hukuman yang ringan, mengingat ia masih sangat muda kala itu. Namun ia memutuskan mengakhiri hidupnya setelah ia dituduh berkomplot dengan hacker lain untuk mencuri informasi kartu kredit.  James membantah tuduhan tersebut dalam surat bunuh dirinya

6. Memblokir saluran telepon untuk memenangkan Porsche(1995)
Foto: wikipedia.org
Kevin Poulsen terkenal dengan pekerjaannya menghack saluran telepon di Los Angles dalam usaha memangkan kompetisi radio Ferari. LA KIIS menawarkan sebuah Porsche 9442 S2 untuk penelpon ke 102. Poulsen akhirnya sukses mengambil alih jaringan telepon dan menghalangi panggilan masuk ke stasiun radio tersebut. Dia lalu memenangkan Porshe tetapi akhirnya ia ditangkap dan dijatuhi hukuman penjara 5 tahun. Poulsen kemudian menjadi editor senior di Wired News

7. Hacker menargetkan Scientology(2008)
Foto: abcnews.go.com
Pada Januari 2008, pemuda dari New Jersey dengan komplotan hackernya melancarkan serangan DDOS dan melumpuhkan situs gereja Scientology selama beberapa hari. Grup ini dijuluki Anonymous dam menentang kelompokan Gereja Scientology. Dmitriy Guzner, yang bertanggung jawab dan dihukum karena DDOS attack. mendapatkan hukuman maksimal 10 tahun penjara dan denda $US 250.000, namun pada akhirnya ia hanya dijatuhi hukuman 2 tahun percobaan dan disuruh membayar $US 37.500 kepada ke Gereja Scientology. 

8. Stuxnet (2007)
Foto : buzzfeed.com
Para peneliti di Symantec Corp telah menemukan versi dari virus komputer Stuxnet yang digunakan untuk menyerang program nuklir Iran pada bulan November 2007. Menurut Symantec, virus itu ternyata dibuat dua tahun lebih awal daripada yang diperkirakan sebelumnya. Stuxnet, yang secara luas diyakini telah dikembangkan oleh Amerika Serikat dan Israel, ditemukan pada tahun 2010 setelah virus itu digunakan untuk menyerang fasilitas pengayaan uranium di Natanz, Iran. Ini adalah contoh pertama yang dikenal publik sebagai virus yang digunakan untuk menyerang mesin industri. Stuxnet merupakan bukti adanya campur tangan negara dalam perang Cyber.

9. Flame 
Foto: pcworld.com
Virus berbahaya tersebut adalah adalah "Flame". Virus yang ditemukan oleh tim Kaspersky Lab ini dirancang khusus untuk memata-matai pengguna komputer yang terinfeksi dengan berbagai cara. Seperti malware Stuxnet dan Duqu yang sempat membuat kacau proyek reaktor nuklir milik Iran. 

Flame disinyalir merupakan "senjata cyber" yang sengaja diluncurkan oleh sebuah negara untuk mencapai tujuan tertentu. Berbeda dengan Stuxnet yang juga dikategorikan sebagai "senjata cyber", Flame sepertinya didesain bukan untuk merusak sistem, melainkan untuk mengumpulkan data dengan cara memata-matai pengguna komputer yang terinfeksi.  

10. Sony (2014)
Foto: deadline.com
Tahun 2014 mungkin bisa dikatakan sebagai tahun paling mengerikan bagi perusahaan besar ternama di Amerika. Yah Sony Picture Entertaiment di tahun tersebut telah mengalami insiden peretasan besar-besaran yang menyebabkan hampir semua datang rahasia perusahaan hilang. Terlebih salah satu produk terbarunya yakni film komedi tentang percobaan pembunuhan presiden diktator Korea Utama Kim Jon Un hilang dan tak jadi tayang.

Dampak tidak diputarnya film komedi tersebut memang tak luar biasa, namun yang menjadi masalah atas insiden peretasan tersebut adalah bocornya email privat serta beberapa dokumen penting lainnya. Bahkan lebih ironisnya lagi sang pemimpin di perusahaan tersebut kala itu terpaksa turun jabatan setelah sebuah email pribadi miliknya yang berisi umpatan dan ejekan kepada presiden Obama dan Angelina Jolie terkuak ke publik.





Sumber :


Belum ada Komentar untuk "10 Serangan Cyber Yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel