Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Integrasi Sosial

Integrasi Sosial

Integrasi secara literasi berasal dari bahasa inggris “Integration” yang berartu menyatu. Intergasi sosial sendiri dapat didefinisikan sebagai upaya untuk menyesuaikan pelbagai unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi suatu pola masyarakat yang bersatu dan memiliki fungsi kompatibilitas (menyesuaikan diri). 

Definisi lain dari integrasi adalah suatu kondisi di mana kelompok-kelompok etnis untuk beradaptasi dan menjadi komformitas (berusaha menyatu) terhadap kebudayaan mayoritas, namun tetap mempertahankan budaya mereka sendiri. Integrasi memiliki rasa kedua, yaitu:
  1. Kontrol atas konflik dan penyimpangan sosial dalam suatu sistem sosial tertentu
  2. Menciptakan keseluruhan dan menyatukan unsur-unsur tertentu
Sedangkan yang disebut integrasi sosial adalah ketika dikontrol, dikombinasikan, atau terhubung satu sama lain itu adalah unsur-unsur sosial atau kemasyarakatan. Integrasi sosial akan terbentuk ketika kebanyakan orang memiliki kesepakatan tentang batas-batas teritorial, nilai-nilai, norma-norma, dan lembaga-lembaga sosial.

Pengertian Integrasi Sosial Menurut Para Ahli
  1. Soerjono Soekanto : Sebuah proses sosial individu atau kelompok yang berusaha memenuhi gol melawan lawan yang disertai dengan ancaman dan atau kekerasan.
  2. Gillin : Bagian dari proses sosial yang terjadi karena perbedaan fisik, emosional, budaya dan perilaku.
  3. Menurut Baton : Integrasi sebagai pola hubungan yang mengakui adanya perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan fungsi penting pada perbedaan dalam ras

Posting Komentar untuk "Integrasi Sosial"