Pertanyaan Sejarah: Penjelajah Kuno

Siapa Penjelajah Lautan Pertama?
Pada akhir tahun 1400 SM, Ratu Mesir yang bernama Hatshesput, mengirimkan satu armada kapal untuk menyusuri Sungai Nil sampai nanti Laut Merah.  Nantinya armada laut ini akan di tiba daratan yang disebut Punt. Bisa dikatakan inilah catatan sejarah penggunaan kapal untuk penjelajahan. Lokasi Punt hilang seiring berjalannya waktu, tapi seperti yang diketahui dari pelayaran tersebut, orang-orang Mesir membawa pohon, minyak, dan rempah-rempah.
Ratu Hatshesput

Siapa Penjelajah Terhebat di Zaman Kuno?
Banyak kebudayaan dunia pada zaman kuno yang berhasil menjelajahi daratan di sekitarnya, namun hanya ada satu orang penjelajah dan berhasil menaklukan peradaban besar kuno di seluruh dunia yaitu Alexander Agung. Alexander Agung terdorong rasa ingin tahu yang tinggi alih-alih sekedar menjelajah. Ia menjelajah ke tempat yang sangat jauh dari tempat asalnya yaitu Yunani. Ia menjelajah sampai pada daratan mesir hingga India. Alexander Agung senang mengikuti atribut dari kebudayaan wilayah yang ditaklukannya. Bisa dikatakan ia merupakan penjelajah hebat sekaligus turis era zaman kuno.
Patung Alexander Agung

Siapa Yang Pertama Kali Melihat Adanya Aurora Borealis?
Kebanyakan orang Yunani kuno menjelajah di kisaran laut Mediterania dan Afrika Utara. Berbeda dengan Pytheas, yang lahir di Marseilles, Prancis. Dia menjadi orang pertama yang berlayar mengelilingi garis pantai Inggris dan adalah orang pertama yang melaporkan adanya Aurora Borealis, Matahari tengah malam dan es mengapung.

Siapakah Erik the Red?
Erik the Red adalah seorang Viking yang menjadi penjelajah karena dia dia diasingkan dari Norwegia dan Islandia. Dia berlayar ke barat dan mendarat di Greenland. Dia kembali ke Islandia dan membuat Greenland terdengar begitu mengundang hingga banyak orang Viking setuju untuk menetap di sana. Erik mendirikan dua koloni di Greenland, keduanya masih berdiri sebagai kota hingga sekarang.
Erick the Red

Apa yang ditemukan oleh Leif Ericsson?
Jika kamu suka nonton film Spongebob maka ada salah satu episode yang merayakan hari Leif Ericsson. Tokoh tersebut benar nyata, ia merupakan anak dari Erik the Red. Ia melakukan penjelajahan lebih jauh dibandingkan ayahnya. Dengan 15 kru, ia ingin memastikan kebenaran cerita mitos Viking yang mana ada daratan jauh di barat. Dia mendarat di tempat yang kini disebut sebagai Newfoundland di Kanada. Dia menjadi orang Eropa pertama yang menjejakan kaki di Amerika Utara. Jadi sebenarnya Columbus, bukanlah penemu benua Amerika.
Leif Ericcson

Siapa itu Cheng Ho?
Cheng Ho adalah seoarang laksamana China yang hidup antara tahun 1371-1433. Ketika pada masa itu, penjelajah Eropa berlayar dengan kapal-kapal kecil yang panjangnya kira-kira 17 meter, Cheng Ho, sudah memimpin satu armada penuh yang terdiri dari 317 kapal yang membawa kurang lebih 28.000 orang. Kapal terbesarnya pada waktu itu adalah kapal harta yang panjangnya 126 meter dengan 9 layar. Dia menjelajah hingga India Timur dan Afrika Barat. Namun, dalam perjalanannya kembali ke China, sang kaisar menyatakan bahwa dunia luar tidak bisa memberikan apa pun kepada China. Cheng Ho meninggal dunia saat melakukan perjalanan terakhirnya dan jenazahnya dilepas ke dasar laut
Patung Cheng Ho

Belum ada Komentar untuk "Pertanyaan Sejarah: Penjelajah Kuno"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel