Tsar Bomba: Bom Terdahsyat yang Pernah Dibuat oleh Manusia

Tsar Bomba merupakan salah satu bom hidrogen yang dimiliki oleh Uni Soviet. Bom tersebut pernah uji coba ledakan pada 30 Oktober 1961. Tsar Bomba merupakan senjata nuklir terbesar yang pernah dibuat dalam sejarah manusia. Ledakan Tsar Bomba adalah ledakan buatan paling kuat sepanjang sejarah. Bom tersebut mengandung ledakan setara 50 megaton TNT. Tsar Bomba merupakan produk dari nuklir dari Perang Dingin Uni Soviet dan Amerika Serikat.

Memasuki era 60-an Perang Dingin semakin memanas, Nikita Khrushcev sebagai pimpinan Uni Soviet menyuruh para ilmuwan untuk membuat Tsar Bomba. Sebuah tim fisikiawan terbentuk yang dipimpin oleh Yuli Khariton. Timnya terdiri dari Andrei Skharov, Viktor Adamsky, Yuri Babayev, Yuri Smirnov, dan Yuri Trutnev.

Pengujian 

Pesawat pembom Tupolev Tu-95V ditugaskan untuk menguji dan menjatuhkan bom tersebut. Pesawat tersebut dipiloti oleh Mayor Andrei Durnovstev. Pesawat tersebut didampingi oleh pesawat Tupolev Tu-16 yang bertanggung jawab untuk mendokumentasikan dan mengamati efek ledakan Tsar Bomba.

Tsar Bomba sendiri memiliki berat 27 ton. Panjang bom tersebut hampir 8 meter dan diameternya 2.1 meter. Pada pengujiannya Tsar Bomba dijatuhkan dengan parasut yang beratnya 816 kg. Bom tersebut meledak pada jam 11.32 waktu Moscow di Teluk Mityushika di lingkaran Kutub Utara. Bom tersebut dijatuhakn pada ketinggian 34.000 kaki dan telah diset meledak pada ketinggian 13.000 kaki. Video ledakan tersebut dapat dilihat pada video dibawah

Tsar Bomba menghasilkan ledakan 1570 lebih kuat daripada ledakan bom atom di Nagasaki dan Hiroshima. Energi ledakan tersebut setara 25% letusan gunung krakatau pada tahun 1883. Rival Perang Dinginnya Amerika Serikat juga mempunyai bom atom yang hulu ledaknya besar yaitu Bravo. Namun secara teorits Bravo hanya menghasilkan setengah ledakan Tsar Bomba alias 25 megaton.
Akibat dari ledakan tersebut semua bangunan baik itu dari kayu atau pun bata di Severny yang letaknya 34 mil (54 km) dari titik ledakan hancur. Bahkan pada jarak kurang lebih 100 mil (160 km) dari titik ledakan juga mengalami kerusakan parah. Selain itu,  komunikasi radio juga terputus. Efek termal masih terasa dari jarak 170 mil (273,5 km) dari titik ledakan. Panas yang hebat dapat dirasakan pada jarak 62 mil (100 km). Panas tersebut menghasilkan luka bakar tingkat ketiga. Rumah-rumah yang letaknya 900 km dari titik ledakan jendelanya pecah. 900 km merupakan jarak antara Jakarta-Lumajang Jawa Timur. Bisa dibayangkan betapa dahsyatnya bom tersebut. Ledakan Tsar Bomba menciptakan awan jamur setinggi 40 mil (64 km).

Dari gambaran tersebut bisa kita bayangkan betapa mengerikannya Tsar Bomba. Sebagai gambaran jika bom itu meledak di Jakarta, maka kota Jakarta beserta kota penyangganya Bodetabek akan hancur total tak bersisa. Ledakan tersebut mampu membuat kaca-kaca rumah di Jawa Timur berhamburan. Pada akhirnya bom tersebut tidak pernah digunakan untuk peperangan dan dimuseumkan di Sarov, Rusia. Melihat efek uji cobanya saja sudah mengerikan. Bagaimana jika bom tersebut benar-benar dijatuhkan dalam peperangan. Sudah pasti jutaan orang tidak berdosa akan tewas dalam sekejap.

sumber: https://www.atomicheritage.org/history/tsar-bomba

Belum ada Komentar untuk "Tsar Bomba: Bom Terdahsyat yang Pernah Dibuat oleh Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel