Mengapa Jerman Begitu Unggul Dalam Bidang Permesinan?

Kebanyakan orang-orang tahu bahwasannya Jerman begitu unggul dalam bidang permesinan (engineering) dibandingkan negara-negara lainnya. Pencapaian Amerika Serikat ke bulan pun sumbangsih besar Wernher von Braun seorang ilmuwan Jerman. Amerika Serikat pasca Perang Dunia II melakukan Operation Paperclip untuk mengumpulkan ilmuwan-ilmuwan Jerman yang notabennya pernah bekerja untuk NAZI. Uni Soviet pun juga melakukan hal yang sama. Kedua negara tersebut secara tidak langsung mengakui kejeniusan orang-orang Jerman khususnya dalam bidang engineering.

Jerman sendiri bisa dikatakan sebagai negara yang baru dalam bidang industri dan imperialisme. Hal ini dibuktikan dengan daerah jajahan Jerman yang terhitung sedikit dibandingkan dengan Inggris dan Perancis yang telah lebih dulu menguasai banyak daerah di dunia dan berpengalaman dalam bidang industri. Memasuki abad 20 Jerman menjadi salah satu negara yang disegani di dunia dan diperhitungkan kekuatannya.

Lantas apa yang membuat Jerman begitu unggul dalam bidang teknologi permesinan dari dulu hingga sekarang? Kuncinya utama tentunya ada di SDM. Jerman menyadari bahwasannya negaranya tidak sekaya Amerika Serikat, Inggris, Perancis, yang pada abad 19-20 merupakan negara superpower. Perlu diketahui Jerman dalam perjalanan politiknya carut marut. Jerman yang dikenal sebagai Kekaisaran Prusia baru menemukan masa kestabilan dibawah Kanselir Otto Van Bismarck. 

Dalam sejarahnya Jerman telah melewati dua perang besar yang begitu menghancurkan yaitu Perang Dunia I dan Perang Dunia II yang mana Jerman menjadi pecundang di dalam dua perang tersebut. Namun paling tidak, Jerman pada waktu itu dikenang sebagai negara yang mempunyai kekuatan militer dengan teknologi canggih. Sehancurnya apa pun akibat Perang Jerman tetap membangun SDM nya. Ada beberapa kebijakan yang dilakukan pemerintahan Jerman terhadap pengembangan SDM.

Pertama pendidikan. Jerman telah dikenal sebagai salah negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia. Orang Jerman pun sejak dini sudah diajarkan untuk bernalar dan berpikir rasional. Orang Jerman berusaha mencari sesuatu permasalahan dengan detail sampai ke akarnya. Hal ini berbanding terbalik dengan Indonesia yang pendidikannya tidak diajarkan bernalar dan berpikir rasional. Pada akhirnya, Orang Jerman begitu kritis yang mengakibatkan mereka tidak begitu saja mempercayai informasi yang didapat, sedangkan Indonesia begitu mudahnya percaya HOAX.

Kedua adalah penelitian. Pendidikan yang baik diiringi dengan penelitian juga. Pemerintahan Jerman begitu mendukung kaum terdidiknya untuk melakukan berbagai macam penelitian. Selain itu dukungan datang dari bos-bos besar dalam bidang industri. Orang-orang Jerman percaya bahwasannya penelitian yang menghasilkan sebuah teknologi akan membawa nilai tambah yang besar pada suatu produk. Indonesia? Jangan ditanya negara tidak begitu peduli pada riset dan penelitian. Kualitas pendidikan yang rendah berbanding lurus dengan kualitas risetnya. 

Ketiga adalah disiplin dan integritas. Kedua hal ini tidak bisa dipisahkan. Inilah resep penting agar sebuah negara bisa maju. Dari jajaran atas sampai rakyat jelata Indonesia terkenal akan ketidakdisiplinannya. Nilai displin ini terkait dengan nilai ketilitian juga. Dunia permesinan butuh dua hal tersebut agar menghasilkan produk yang berkualitas. Nilai yang mengiri lainnya adalah integritas. Orang-orang Jerman terkenal akan integritasnya. Orang Indonesia terkenal akan korupsinya. Mudahnya seperti ini, proyek-proyek penting seperti infrastruktur jembatan, bangunan, dll, seringkali dikorupsi oleh pejabat-pejabat Indonesia. Pada akhirnya bangunan yang dibuat mudah hancur karena bahan-bahan banyak dikurangi sehingga mengurangi kualitas. Sedangkan Orang Jerman tidak bersifat seperti itu. Mereka benar-benar membangun sebuah bangunan atau produk yang memiliki kualitas tinggi dan tahan lama. 

Ketiga hal ini yang membuat orang Jerman begitu unggul dalam bidang permesinan. Sebenarnya bukan hanya bidang permesinan saja Jerman unggul tetapi dalam bidang farmasi, kimia, bioteknologi, komputer, dll. Bahkan berita kekinian mengatakan bahwasannya Jerman unggul dibandingkan negara-negara Eropa lainnya dalam pengembangan vaksin covid-19. Jawabannya sederhana, sumber daya alam banyak seperti yang dimiliki oleh Indonesia tidak menjamin negara akan maju, tetapi SDM berkualitas menjamin sebuah negara maju.

Sumber:
Diskusi Dosen

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Jerman Begitu Unggul Dalam Bidang Permesinan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel