Yuri Gagarin Manusia Pertama Menembus Langit

Yuri Gagarin merupakan orang pertama yang terbang ke luar angkasa. Ia melakukannya pada 12 April 1961 dengan pesawat luar angkasa Uni Soviet, Vostok. Penerbangan ia diluar angkasa berlansung selama 108 menit. Setelah berhasil melakukan penerbangan, Gagarin menjadi pahlawan Uni Soviet. Keberhasilan Gagarin ke luar angkasa selalu dikenang oleh rakyat Uni Soviet (sekarang Rusia) bahkan oleh dunia.
Sumber: id.rbth.com
Seperti yang diketahui selain terjadi perlombaan senjata dan ideologi ketika Perang Dingin antara Uni Soviet dan Amerika Serikat, juga terjadi perlombaan dalam teknologi luar angkasa. Pada awalnya Uni Soviet unggul karena berhasil mengirim satelit buatan pertamanya Sputnik ke luar angkasa pada Oktober 1957.

Sebelum mengirim Yuri Gagarin ke luar angkasa, Soviet mengirim prototipe pesawat vostok terlebih dahulu ke luar angkasa. Pesawat tersebut diisi oleh boneka seukuran manusia dewasa bernama Ivanovich dan seekor anjing bernama Zvezdochka. Uji terbang tersebut ternyata berhasil, pesawat Vostok siap mengirim Yuri Gagarin ke luar angkasa.

Menjadi Astronot Legendaris

Nama lengkapnya adalah Yuri Alekseyevich Gagarin. Ia lahir pada 9 Maret 1934, di sebuah desa kecil yang terletak seratus mil dari Moscow. Ketika ia remaja, ia menyaksikan sebuah pesawat tempur Soviet melakukan pendaratan darurat di dekat rumahnya. Disitu ia mulai takjub pada dunia penerbangan. Ia lalu bergabung sekolah penerbangan Orenberg untuk mewujudkan mimpinya untuk terbang. Akhirnya pada tahun 1955 ia melakukan penerbangan perdananya. Pada tahun 1957 ia resmi menjadi pilot tempur Uni Soviet.

Beberapa tahun kemudian ia mengajukan diri sebagai kosmonot (sebutan Astronot di Soviet atau Rusia kini). Ia bersaing dengan 200 pilot pesawat termpur lainnya. Pada akhirnya Gagarin lah yang terpilih. Tepat pada jam 9:07 pagi waktu Moscow, pesawat luar angkasa Vostok meluncur. Selama 108 menit pesawat tersebut mengelilingi bumi sekali dan mencapai ketinggian 203 mil (327 kilomoter).

Ia lalu kembali memasuki atmosfer bumi. Ia berusaha mempertahankan kesadaran tubuhnya karena ia mengalami tarikan gravitasi yang kekuatannya delapan kali lebih kuat. Sebab Vostok tidak memiliki mesin untuk memperlambat ketika turun ke bumi akibatnya pesawat tersebut tidak bisa mendarat dengan aman. Bagaimana ia bisa mendarat dengan selamat? Ia melontarkan diri dari pesawat tersebut dan menggunakan parasut untuk mendarat. Ia melenceng jauh dari titik pendaratan yang sudah diatur. Bagaimana pun Yuri Gagarin berhasil mendarat dengan selamat.

Warisan Gagarin

Ketika berhasil melakukan misinya, Gagarin menjadi sosok pahlawan internasional khususnya di negara-negara blok timur. Ratusan ribu orang menyambutnya di Lapangan Merah. Gagarin berkeliling dunia untuk merayakan pencapaian bersejarah Uni Soviet. Ia mendapatkan sanjungan dan dielu-elukan dimana-mana. Tak ketinggalan Presiden Soekarno pada bulan Juni 1961 berkunjung ke Moscow dan memberikan gelar pahlawan (Bintang Mahaputra) kepada Yuri Gagarin.
Ia mendapatkan beberapa jabatan penting di Uni Soviet termasuk menjadi komandan Detasemen Kosmonot. Uni Soviet tidak ingin kehilangan figur penting. Mereka tidak mengizinkan Yuri Gagarin untuk kembali ke luar angkasa. Bagaimana pun percobaan pesawat luar angkasa begitu besar reksikonya. Namun, Yuri Gagarin tetap melakukan uji terbang untuk Angkatan Udara Soviet.

Pada tanggal 27 Maret 1968, Gagarin terbunuh (bersama pilot lainnya) saat mereka menguji coba pesawat tempur Mig-15. Dia meninggalkan seorang istri, Valentina Ivanova Goryacheva, dan dua orang putri. Appolo 11 Milik NASA, Amerika Serikat yang berhasil mendaratkan manusia ke bulan. Ketika mendarat kembali pada Juli 1969, para kru meninggalkan medali peringatan bertuliskan nama Gagarin. Begitu dihormatinya Gagarin sekalipun dari negara musuhnya. Bisa dikatakan, Yuri Gagarin merupakan seorang tokoh besar pada abad 20 yang merubah dunia.

Yuri Gagarin sendiri merupakan teladan pahlawan yang diajarkan Pemerintah Rusia kepada anak-anak mudanya. Peringatan 60 tahun penerbangan Gagarin akan dilakukan pada 2021. Komunitas luar angkasa memperingati pencapaian Gagarin setiap tahun dengan Yuri's Night. Perayaan yang berlangsung pada tanggal 12 April tepat pada hari peluncuran. Perayaan ini banyak mengundang orang-orang terkenal dan selebriti.

Sumber:
https://historia.id/sains/articles/yuri-gagarin-pahlawan-indonesia-6kRNo
https://www.space.com/16159-first-man-in-space.html

Belum ada Komentar untuk "Yuri Gagarin Manusia Pertama Menembus Langit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel