Berdirinya Republik Tiongkok

Ketika Tiongkok sedang ramai membicarakan revolusi re-publik, Sun sendiri tidak sedang berada di dalam negeri. Ia tengah berkeliling di Amerika Serikat untuk mengumpulkan dana bagi revolusi. Berita keberhasilan pemberontakan Wuchang bahkan baru ia ketahui dari surat kabar setempat ketika ia singgah di kota St. Louis. 

Potret Sun Yat Sen
Ia juga membaca bahwa kaum revolusioner memintanya kembali ke Tiongkok untuk mempersatukan mereka, dan membentuk pemerintahan yang baru. Sun tidak segera kembali ke Tiongkok, namun masih berkeliling ke Eropa untuk meyakinkan pemerintah asing agar menarik dukungan mereka terhadap pemerintah Qing, dan mendukung pemerintahan republik baru yang akan ia dirikan. Setelah berhasil, barulah ia kembali ke Tiongkok.

Kembalinya Sun Yat-sen, sang tokoh revolusioner yang sebentar lagi akan dilantik sebagai presiden pertama disambut dengan sangat meriah. Wartawan lokal dan asing semuanya sangat antusias menunggu mendaratnya kapal yang membawa Sun Yat-sen dari Eropa di pelabuhan Shanghai pada tanggal 25 Desember 1911.

Empat hari setelah kedatangan Sundi Shanghai, para delegasi dari berbagai provinsi berkumpul di Nanking dan mengadakan pemungutan suara untuk me-nentukan siapa yang akan menjadi presiden. Semua provinsi mendapatkan masing-masing 1 hak suara dalam voting ini.Hasil akhirnya adalah, dari 17 provinsi yang hadir, sebanyak 16 provinsi sepakat untuk memilih Sun Yat-sen menjadi presiden sementara.

Sun kemudian melanjutkan perjalanannya ke Nanking, dan tiba di sana pada tanggal 1 Januari 1912. Malam harinya, Sun membuat pengumuman resmi bahwa hari itu, Republik Tiongkok diproklamasikan. Keesokan harinya, ia memerintahkan agar sistem penanggalan berubah mengikuti penanggalan internasional, namun angka tahun ditetapkan sesuai sistem Tiongkok dengan tahun 1912 ditetapkan sebagai Tahun Republik pertama. 

Pada tanggal 3 Januari, para delegasi sepakat untuk mengangkat Li Yuanhong sebagai wakil presiden. Selain itu, mereka juga menetapkan daftar nama kabinet sementara: Huang Xing menjabat Panglima Angkatan Darat ( 陆军总长 ), WangChonghui ( 王宠惠 ) sebagai Menteri Luar Negeri ( 外交总长 ), Cai Yuanpei ( 蔡元培 ) sebagai Menteri Pendidikan ( 教育总长 )(ketiganya orang Tongmenghui); Zhang Jian ( 张謇 ) sebagai Menteri Industri dan Perdagangan ( 事业总长 ), Tang Shouqian( 汤寿潜 ) sebagai Menteri Perhubungan ( 交通总长 ) (keduanya dari Faksi Jiangsu-Zhejiang); Cheng Dequan ( 程德全 ) sebagai Menteri Dalam Negeri ( 内总长 ), Huang Zhongying ( 黄钟英 ) sebagai Panglima Angkatan Laut ( 海军总长 ), Wu Tingfang (伍廷芳 ) sebagai Menteri Hukum dan Pengadilan ( 司法总长 ), Chen Jintao ( 陈锦涛 ) sebagai Menteri Keuangan ( 财政总长 )(keempatnya bekas pejabat pemerintah). Sun Yat-sen menetapkan juga nama-nama deputi menteri untuk masing-masing departemen itu yang bertugas sebagai pelaksana harian kementerian, kepala-kepala “Tiga Kantor” ( 三局 ), yaitu: Kantor Perundangan, Kantor Percetakan Uang, dan Kepolisian Negara, serta menunjuk sekretaris kantor kepresidenan.

Pada tanggal 28 Januari, masing-masing provinsi mengirimkan 3 orang wakilnya untuk pergi ke ibukota Nanking dan mendirikan Senat Sementara ( 临时参议院 ). Dari 43 nama yang duduk di senat, 33 orang adalah wakil Tongmenghui, 1 orang wakil Masyarakat Akademisi Independen ( 自治学社 ), 1 orang wakil Faksi Revolusioner ( 革命派 ), dan 8 orang wakil Faksi Konstitusional ( 立宪派 ). Yang dipilih menjadi ketua senat adalah Lin Sen ( 林森 ), dan wakilnya adalah Wang Zhengting ( 王正廷 ); keduanya adalah orang Tongmenghui. Dengan demikian, Republik Tiongkok sebagai sebuah pemerintahan negara bisa dibilang sudah lengkap. Namun, masih ada pemerintah kekaisaran di utara yang tetap berdiri meski-pun hanya memiliki kekuasaan tituler yang kosong. Untuk mewujudkan sebuah republik yang utuh dan berdaulat, hanyaada satu cara yang mungkin, yaitu memaksa kaisar turun tahta dengan segera.

Sumber:

Republik Tiongkok (1912-1949) Dari runtuhnya Kekaisaran Qing hingga lahirnya salah satu republik terkuat di dunia oleh Michael Wicaksono

Belum ada Komentar untuk "Berdirinya Republik Tiongkok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel